Monday, March 21, 2016

Pengertian benda

Benda adalah segala sesuatu yang berada di alam dan mempunyai wujud. Benda disebut juga barang. Benda merupakan makhluk tak hidup. Coba kamu perhatikan pensil, sebotol sirup, dan sebuah balon berisi udara. Pensil, sirup dalam botol, dan udara dalam balon adalah contoh benda yang berbeda sifat. Pensil merupakan benda padat, sirup merupakan benda cair, dan udara dalam botol merupakan benda gas.

Benda padat umumnya keras kalau dipegang. Tetapi bagaimana dengan tanah lumpur? Apakah merupakan benda padat? Ya, tanah lumpur merupakan benda padat meskipun lunak kalau dipegang. Jadi, benda padat itu tidak selalu keras kalau dipegang, ada pula yang lunak.

Apakah perbedaannya dengan benda cair? Perhatikan segelas air sirup! Kelihatan atau tidakkah air itu? Sentuhlah dengan ujung jari tanganmu! Keras atau tidak? Tentu terasa, hanya tidak keras seperti benda padat. Coba kamu sebutkan contoh benda cair yang lain.

Bagaimana dengan benda berwujud gas? Perhatikan balon yang berisi udara. Lepaskan ikatan di mulut balon itu secara tiba-tiba. Biarkan udara dari dalam balon keluar. Dekatkan telapak tanganmu di mulut baion itu. Terasakah udara yang keluar dari dalam balon? Tentu terasa. Terlihatkah olehmu udara yang keluar itu? Tidak bukan?

Pengelompokan Benda-Benda Menurut Sifatnya
Benda-benda dapat dikelompokkan menurut sifatnya, yaitu berdasarkan kekerasan, berat, dan kelenturannya.

1. Berdasarkan Kekerasannya
Berdasarkan kekerasannya, benda dapat dibedakan menjadi benda keras dan benda lunak. Benda yang sifatnya keras tidak akan mengalami perubahan saat mendapat tekanan atau gaya yang kecil. Contoh benda keras, antara lain, batu, besi, kayu, dan kaca. Contoh benda lunak adalah nasi, agar-agar, kue bolu, lumpur, dan plastisin.

2. Berdasarkan Beratnya
Suatu benda dapat dikatakan berat atau ringan apabila dapat dibandingkan dangan benda lain. Contoh perbandingannya adalah 1 karung beras    berat daripada 1 karung kapas; atau 2 kg besi lebih berat daripada 1 kg besi. Jadi, suatu benda dapat dikatakan benda berat bila benda tersebut iebih berat daripada benda yang lain Ada benda berat, ada pula benda ringan. Benda ringan umumnya mudah bergerak bila ada gaya kecil yang mengenainya. Coba perhatikan kalau kapas kita tiup pelan-pelan, ia akan bergerak perlahan-lahan. Demikian pula dengan kertas, tisu, dan bulu ayam.

3. Berdasarkan Kelenturannya
Benda dapat dikatakan memiliki sifat lentur bila benda itu setelah direnggangkan akan kembali ke bentuk semula. Contuh benda ini adalah karet dan per atau pegas. Cobalah karet atau pegas tersebut ditarik, diputar, atau dibengkokkan, pasti karet atau pegas itu akan kembali ke bentuk semula!

No comments:

Post a Comment