Monday, March 21, 2016

Upaya-Upaya Peningkatan Produksi Pertanian

Tujuan pembangunan pertanian ialah untuk terus menerus meningkatkan produksi pertanian, baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, untuk menyediakan bahan baku industri di dalam negeri maupun untuk menambah devisa negara serta memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan petani, mendorong pemerataan pendapatan dan kesempatan berusaha dengan memperhatikan kelestarian sumber daya. Untuk meningkatkan produksi pertanian dapat dilakukan dengan ekstensifikasi, intensifikasi, mekanisasi, diversifikasi, dan rehabilitasi pertanian.

1) Ekstensifikasi pertanian
Ekstensifikasi pertanian adalah upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dengan memperluas lahan pertanian. Ekstensifikasi pertanian dilakukan oleh pemerintah apabila persediaan hutan masih luas dan kepadatan penduduk rendah, terutama di luar Pulau Jawa (Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Irian). Pemerintah juga melaksanakan program pembuatan sawah dengan memanfaatkan lahan gambut yang dikenal dengan program lahan gambut sejuta hektare di Kalimantan.

2) Intensifikasi pertanian
Intensifikasi pertanian adalah upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dengan luas lahan pertanian tetap. Usaha ini dilaksanakan dengan cara saptausaha tani, yaitu
a) pengolahan tanah yang baik;
b) pemilihan bibit unggul, misalnya IR.34, IR.36, IR.40, VUTW (varietas unggul tahan wereng) , sri gadis, bengawan, jelita, dan intan;
c) irigasi atau pengairan yang teratur;
d) pemupukan yang meliputi pemupukan organik dan pemupukan anorganik;
e) pemberantasan hama;
f) pascapanen adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan masa sesudah panen;
g) distribusi atau penyaluran hasil.

3) Mekanisasi pertanian
Mekanisasi pertanian adalah usaha untuk meningkatkan produksi pertanian dengan menggunakan mesin modern.

4) Diversifikasi pertanian
Diversifikasi pertanian adalah upaya untuk meningkatkan produksi dengan menanam bermacam-macam tanaman di lahan pertanian.

5) Rehabilitasi pertanian
Rehabilitasi pertanian adalah upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dengan cara mengganti tanaman kurang produktif dengan tanaman produktif dan memperbaiki cara-cara bercocok tanam.

No comments:

Post a Comment