Thursday, March 24, 2016

Kelainan pada Mata dan Cara Perawatan Mata

Kelainan pada Mata
a. Rabun Jauh (Miopi)
Orang yang menderita rabun jauh tidak dapat melihat suatu benda dengan jelas apabila jaraknya jauh. Penyebabnya adalah lensa mata terlalu pipih. Pada mata orang yang menderita rabun jauh, bayangan benda jatuh di depan retina. Orang tersebut harus ditolong dengan kacamata yang berlensa cekung (negatif) agar bayangan benda jatuh tepat pada retina.

b. Rabun Dekat (Hipermetropi)
Penderita rabun dekat tidak dapat melihat benda kecil di dekatnya, misalnya tidak dapat membaca huruf kecil di koran dari dekat. Pada mata orang yang menderita rabun dekat, bayangan benda jatuh di belakang retina. Supaya bayangan jatuh tepat pada retina, maka penderita harus dibantu dengan kacamata berlensa cembung (positif).

c. Rabun Tua (Presbiopi)
Orang yang sudah berusia lanjut kemampuan akomodasinya sangat lemah, akibatnya tidak dapat melihat benda yang letaknya jauh ataupun dekat. Penderita dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata berlensa rangkap, yaitu lensa positif untuk penglihatan dekat dan lensa negatif untuk penglihatan jauh.

d. Rabun Senja (Hemerolopi)
Penderita rabun senja tidak dapat melihat benda dengan jelas pada waktu senja hari. Hal ini disebabkan kekurangan vitamin A.

e. Buta Warna
Buta warna merupakan kelainan pada mata karena ketidakmampuan membedakan warna-warna tertentu, misalnya merah, kuning, hijau, dan biru. Cacat mata ini termasuk kelainan yang bersifat menurun.

Cara Perawatan Mata
Agar mata kita tetap sehat, maka kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
a. membiasakan makan makanan yang mengandung vitamin A, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan;
b. jangan membaca dengan penerangan yang terlalu redup dan terlalu terang;
c. pada waktu membaca diusahakan jarak tulisan dengan mata sekitar 30 cm;
d. jangan membaca buku dan menonton televisi sambil berbaring;
e. hindarkan mata dari kotoran atau debu dengan cara, misalnya memakai kaca mata, jika berada di tempat yang berdebu;
f. pada saat menonton televisi, jarak tubuh dengan televisi minimal lima kali panjang diagonal televisi.

No comments:

Post a Comment