Monday, March 21, 2016

Persebaran Pertanian Tanaman Pangan di Indonesia

Faktor yang berpengaruh terhadap persebaran tanaman pangan ialah iklim (kelembapan, suhu, dan curah hujan), tanah, serta kemampuan manusia yang berbeda dalam mengolah tanah. Dalam mengorganisasikan faktor-faktor tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia yang meliputi kecakapan, keterampilan, dan penerapan teknologi baru di bidang pertanian.

Persebaran tanaman pangan di Indonesia adalah sebagai berikut.
1) Padi dihasilkan hampir di seluruh pelosok Nusantara (Jawa, Madura, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Irian (Papua)). Ada beberapa jenis padi yang tumbuh di Indonesia, antara lain padi sawah (banyak dijumpai di daerah yang irigasinya baik), padi gogo (padi yang ditanam di ladang/huma/tegalan), padi gogo rancah (ditanam sebelum musim hujan (sawah tadah hujan)).

2) Jagung dahulu merupakan salah satu bahan makanan pokok penduduk Madura dan sebagian Nusa Tenggara Timur. Sekarang sudah banyak penduduk di daerah tersebut makanan pokoknya beras. Daerah penghasil jagung terbanyak adalah Pulau Jawa.

3) Ubi kayu seluruhnya merupakan pertanian rakyat. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah banyak hujan maupun di daerah yang kurang hujan, mulai dataran rendah sampai ketinggian 800 meter. Daerah penanaman ubi kayu (singkong) utama ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur. Luas seluruhnya kurang lebih 1,9 juta hektare dengan produksi sekitar 15— 20 juta ton setiap tahun.

4) Kacang tanah mengandung protein yang tinggi. Daerah penghasil kacang tanah utama adalah Pulau Jawa dan Sulawesi. Produksi kacang tanah pada 1998 mencapai sekitar 691.300 juta ton.

5) Sayur-sayuran mempunyai arti penting dalam usaha memperbaiki gizi masyarakat. Sayur-sayuran di Dataran Tinggi Karo selain untuk memenuhi kebutuhan kota Medan dan sekitarnya, juga diekspor ke Singapura. Dataran tinggi subur di Indonesia yang merupakan kawasan potensial untuk budidaya sayuran adalah Pangalengan, Lembang, Ciwidey, Cianjur, Wonosobo, dan Malang.

6) Ubi rambat dan kedelai merupakan tanaman pangan yang diusahakan di ladang. Tanaman ini tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, dan Lampung. Di Irian (Papua), ubi rambat dijadikan makanan pokok penduduk setempat.

No comments:

Post a Comment